|
KISI-KISI PENILAIAN KINERJA GURU BIMBINGAN DAN
KONSELING
No.
|
DIMENSI
TUGAS UTAMA DAN INDIKATOR KINERJA
|
|||
I
|
PERENCANAAN
LAYANAN BK
|
|||
1.
|
Guru
BK/Konselor dapat menunjukkan landasan keilmuan pendidikan dalam perencanaan
layanan BK.
|
|||
2.
|
Guru BK/Konselor dapat menyusun dan mengembangkan instrumen, memilih
instrumen, mengaplikasikan dan mengadministrasikan, serta menggunakan hasil
assesmen.
|
|||
3.
|
Guru BK/Konselor dapat menentukan materi dan bidang layanan BK berdasar
kebutuhan peserta didik/konseli.
|
|||
4.
|
Guru BK/Konselor dapat menentukan jenis kegiatan layanan dan pendukung
sesuai dengan materi dan bidang layanan BK.
|
|||
5.
|
Guru
BK/Konselor dapat menentukan jadwal
pelaksanaan layanan BK.
|
|||
6.
|
Guru
BK/Konselor dapat merencanakan sarana dan biaya pelaksanaan layanan BK.
|
|||
II
|
PELAKSANAAN
LAYANAN BK
|
|||
A.
|
Teori
dan Praksis BK
|
|
|
|
7.
|
Guru
BK/Konselor dapat mengimplementasikan prinsip pendidikan dan dimensi
pembelajaran dalam pelayanan BK.
|
|||
8.
|
Guru
BK/Konselor dapat mengimplementasikan praksis pendidikan dalam pelayanan BK.
|
|||
9.
|
Guru BK/Konselor dapat membedakan esensi layanan BK pada jalur satuan
pendidikan formal, nonformal dan informal.
|
|||
10.
|
Guru BK/Konselor dapat membedakan esensi layanan BK pada jenis dan
jenjang satuan pendidikan usia dini, dasar dan menengah, serta tinggi.
|
|||
11.
|
Guru
BK/Konselor dapat mengaplikasikan hakikat pelayanan BK (tujuan, prinsip,
azas, fungsi, dan landasan).
|
|||
12.
|
Guru
BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta didik/konseli memperoleh
pelayanan BK sesuai dengan pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis.
|
|||
13.
|
Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta didik/konseli
memperoleh pelayanan BK sesuai dengan bakat, minat, dan potensi pribadi.
|
|||
14.
|
Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta didik/konseli
memperoleh pelayanan BK untuk mengembangkan sikap, perilaku dan kebiasaan
belajar.
|
|||
B.
|
Persiapan Layanan BK
|
|
|
|
15.
|
Guru
BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK dalam penyusunan
Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL)
|
|||
C.
|
Pelaksanaan
Layanan BK
|
|||
16.
|
Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan berbagai jenis layanan dan
kegiatan pendukung yang ada dalam RPL
(Satlan/Satkung).
|
|||
17.
|
Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi,
sosial, kemampuan belajar dan perencanaan karir.
|
|||
18.
|
Guru BK/Konselor dapat menerapkan pendekatan/model konseling dalam
pelayanan BK.
|
|||
19.
|
Guru BK/Konselor dapat melaksanakan pendekatan kolaboratif dengan pihak
terkait dalam pelayanan BK.
|
|||
20.
|
Guru BK/Konselor dapat mengelola sarana dan biaya pelaksanaan pelayanan
BK.
|
|||
B.
|
Penilaian
Keberhasilan Layanan BK
|
|||
21
|
Guru
BK/Konselor dapat melakukan penilaian proses dan hasil pelayanan BK.
|
|||
III
|
EVALUASI, PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT LAYANAN BK
|
|||
A.
|
Evaluasi
Program BK
|
|
|
|
22.
|
Guru BK/Konselor dapat melakukan evaluasi program BK.
|
|||
23.
|
Guru BK/Konselor dapat menginformasikan hasil evaluasi program BK kepada
pihak terkait.
|
|||
24.
|
Guru BK/Konselor dapat menggunakan hasil evaluasi untuk mengembangkan
program BK selanjutnya.
|
|||
B.
|
Pelaporan dan Tindak Lanjut Layanan BK
|
|||
25.
|
Guru BK/Konselor dapat menyusun laporan pelaksanaan program (Lapelprog)
berdasarkan hasil evaluasi program BK.
|
|||
26.
|
Guru BK/Konselor dapat menentukan arah profesi (peran dan fungsi guru BK/
Konselor).
|
|||
27.
|
Guru BK/Konselor dapat merancang dan melaksanakan penelitian dalam BK.
|
|||
28.
|
Guru
BK/Konselor dapat memanfaatkan hasil penelitian dalam BK.
|
Indikator
|
![]() |
||||
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|||
1. Guru dapat
mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya.
|
0
|
1
|
2
|
||
2. Guru memastikan
bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk
berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
||
3. Guru dapat mengatur
kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik
dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
|
0
|
1
|
|
||
4. Guru mencoba
mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar
perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.
|
0
|
1
|
2
|
||
5. Guru membantu
mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
||
6. Guru memperhatikan
peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas
pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan
(tersisihkan, diolok-olok, minder, dsb.).
|
0
|
1
|
2
|
||
Total skor untuk kompetensi 1
|
(27)
|
||||
Skor maksimum kompetensi 1 = jumlah
indikator × 2
|
12 (28)
|
||||
Persentase = (total skor/12) × 100%
|
(29)
|
||||
Nilai untuk kompetensi 1
(0% < X ≤ 25% = 1; 25%
< X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100%
= 4)
|
(30)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar