VII. INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU |
|
|
|
|
|
|
|
NO |
TUGAS UTAMA / INDIKATOR KINERJA GURU |
HASIL ANALISIS KAJIAN
ATAU KESIMPULAN DARI DATA/BUKTI-BUKTI/DOKUMEN DAN/ATAU CATATAN HASIL
PENGAMATAN |
BUTIR
PENILAIAN INDIKATOR KINERJA GURU |
HASIL PENILAIAN |
YA |
TIDAK |
I |
|
1. |
Guru memformulasikan
tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai
dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik. |
Sebelum
pengamatan: |
a. |
Tujuan
pembelajaran dirumuskan dan
dikembangkan berdasarkan SK/KD yang akan dicapai. |
|
|
Selama pengamatan: |
b. |
Tujuan pembelajaran memuat gambaran proses dan hasil belajar
yang dapat dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya |
|
|
Setelah pengamatan: |
c. |
Tujuan
pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya
untuk penilaian indikator kinerja |
|
|
3 |
|
|
Nilai
indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian
kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
2. |
Guru
menyusun bahan ajar secara runut,
logis, kontekstual dan mutakhir. |
Sebelum
pengamatan: |
a. |
Bahan ajar disusun dari yang sederhana ke kompleks, mudah ke
sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai dengan tujuan pembelajaran |
|
|
Selama pengamatan: |
b. |
Keluasan dan kedalaman bahan ajar disusun dengan memperhatikan
potensi peserta didik (termasuk yang cepat dan lambat,motivasi tinggi dan
rendah) |
|
|
Setelah pengamatan: |
c. |
Bahan ajar
dirancang sesuai dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan
dan teknologi. |
|
|
|
d. |
Bahan ajar
dirancang dengan menggunakan sumber yang bervariasi (tidak hanya buku
pegangan peserta didik) |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya
untuk penilaian indikator kinerja |
|
|
4 |
|
|
Nilai
indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian
kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
3. |
Guru
merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif |
Sebelum
pengamatan: |
a. |
Strategi,
pendekatan, dan metode pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai /kompetensi harus dikuasai peserta didik. |
|
|
Selama pengamatan: |
b. |
Strategi dan
metode pembelajaran yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik |
|
|
Setelah pengamatan: |
c. |
Strategi dan
metode pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif,
afektif, dan psikomotor peserta didik. |
|
|
|
d. |
Setiap tahapan
pembelajaran diberi alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan
tingkat kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar peserta didik. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya
untuk penilaian indikator kinerja |
|
|
4 |
|
|
Nilai indikator kinerja guru = {(total
pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
4. |
Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran
sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran. |
Sebelum
pengamatan: |
a. |
Sumber
belajar/media pembelajaran yang dipilih dapat dipakai untuk mencapai tujuan
pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai (misalnya buku, modul untuk
kompetensi kognitif; media audio visual, Komputer untuk kompetensi
keterampilan). |
|
|
Selama pengamatan: |
b. |
Sumber
belajar/media pembelajaran termasuk TIK yang dipilih dapat memudahkan
pemahaman peserta didik (misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung
matematika, lampu senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses
terjadinya gerhana). |
|
|
Setelah pengamatan: |
c. |
Sumber
belajar/media pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan
kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian
indikator kinerja |
|
|
2 |
|
|
Nilai
indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian
kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
3 |
II |
PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF
DAN EFEKTIF |
|
5. |
Guru memulai pembelajaran dengan efektif |
Sebelum
pengamatan: |
a. |
Melakukan
apersepsi |
|
|
Selama pengamatan: |
b. |
Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam
rencana kegiatan |
|
|
Setelah pengamatan: |
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian
indikator kinerja |
|
|
2 |
|
|
Nilai
indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian
kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
4 |
|
6. |
Guru menguasai materi pelajaran |
Sebelum
pengamatan: |
a. |
Kemampuan
menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran. |
|
|
Selama pengamatan: |
b. |
Kemampuan
mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata . |
|
|
Setelah pengamatan: |
c. |
Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran. |
|
|
|
d. |
Kemampuan
menyajikan materi secara sistematis
(mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak) |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya
untuk penilaian indikator kinerja |
|
|
4 |
|
|
Nilai
indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian
kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
7. |
Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran
yang efektif |
Sebelum
pengamatan: |
a. |
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan
dicapai |
|
|
|
b. |
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut |
|
|
Selama pengamatan: |
c. |
Menguasai kelas |
|
|
|
d. |
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual |
|
|
Setelah pengamatan: |
e. |
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect) |
|
|
|
f. |
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya
untuk penilaian indikator kinerja |
|
|
6 |
|
|
Nilai
indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian
kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
8. |
Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam
pembelajaran |
Sebelum
pengamatan: |
a. |
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran |
|
|
Selama pengamatan: |
b. |
Menghasilkan
pesan yang menarik |
|
|
Setelah pengamatan: |
c. |
Melibatkan
siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian
indikator kinerja |
|
|
3 |
|
|
Nilai
indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian
kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
9. |
Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan
siswa dalam pembelajaran |
Sebelum
pengamatan: |
a. |
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru,
siswa, sumber belajar |
|
|
Selama pengamatan: |
b. |
Merespon
positif partisipasi siswa |
|
|
|
c. |
Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respons siswa |
|
|
Setelah pengamatan: |
d. |
Menunjukkan
hubungan antar pribadi yang kondusif |
|
|
|
e. |
Menumbuhkan
keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya
untuk penilaian indikator kinerja |
|
|
5 |
|
|
Nilai
indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian
kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
10. |
Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat
dalam pembelajaran |
Sebelum
pengamatan: |
a. |
Menggunakan
bahasa lisan secara jelas dan lancar |
|
|
Selama pengamatan: |
b. |
Menggunakan
bahasa tulis yang baik dan benar |
|
|
Setelah pengamatan: |
c. |
Menyampaikan
pesan dengan gaya yang sesuai |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian
indikator kinerja |
|
|
3 |
|
|
Nilai
indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian
kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
4 |
|
11. |
Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif |
Sebelum
pengamatan: |
a. |
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan
melibatkan siswa |
|
|
Selama pengamatan: |
Setelah pengamatan: |
b. |
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau
kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian
indikator kinerja |
|
|
2 |
|
|
Nilai
indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian
kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
4 |
III |
PENILAIAN
PEMBELAJARAN |
12. |
Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur
kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik |
Sebelum
pengamatan: |
a. |
Kesesuaian teknik dan jenis penilaian (tes lisan, tes tertulis,
tes perbuatan) sesuai dengan tujuan pembelajaran. |
|
|
Selama pengamatan: |
b. |
Alat tes
dirancang untuk dapat mengukur kemajuan belajar peserta didik dari aspek
kognitif, afektif dan/atau psikomotorik. |
|
|
|
c. |
Rancangan
penilaian portofolio peserta didik minimal 1 kali per semester. |
|
|
Setelah pengamatan: |
d. |
Hasil analisis
penilaian sebelumnya (UH, UAS, UN) digunakan
untuk keperluan program perbaikan (remedial, pengayaan, dan/atau menyempurnakan
rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran) |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian
indikator kinerja |
|
|
4 |
|
|
Nilai
indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian
kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
13. |
Guru menggunakan berbagai strategi dan metode
penilaian untuk memantau kemajuan dan
hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana
yang tertulis dalam RPP. |
Sebelum
pengamatan: |
a. |
Menggunakan teknik penilaian
otentik (kuis, pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb.) untuk memantau
kemajuan belajar peserta didik. |
|
|
Selama pengamatan: |
b. |
Menggunakan
teknik penilaian (ulangan harian, tengah semester, dan ulangan semester)
disusun untuk mengukur hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif,
afektif dan/atau psikomotor. |
|
|
|
c. |
Menerapkan
penilaian portofolio dalam bentuk berbagai tugas terstruktur |
|
|
Setelah pengamatan: |
d. |
Menggunakan
alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi ajar
sebagaimana disusun dalam RPP. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian
indikator kinerja |
|
|
4 |
|
|
Nilai
indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian
kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
14. |
Guru memanfatkan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan
balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran
selanjutnya |
Sebelum
pengamatan: |
a. |
Menggunakan
hasil analisis penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang
mudah, sedang dan sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan
masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan. |
|
|
Selama pengamatan: |
b. |
Menggunakan
hasil penilaian untuk menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan
pembelajaran |
|
|
|
c. |
Melaporkan
kemajuan dan hasil belajar peserta didik kepada orang tua, teman guru dan
bagi peserta didik sebagai refleksi belajarnya. |
|
|
Setelah pengamatan: |
d. |
Memanfaatkan hasil penilaian secara efektif untuk
mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, tantangan dan masalah potensial untuk
peningkatan keprofesian dalam menunjang proses pembelajaran |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian
indikator kinerja |
|
|
0 |
|
|
Nilai
indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian
kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Total Nilai Kinerja Guru |
52 |
Konversi Total Nilai Kinerja Guru ke Skala 100 (Permenneg PAN
dan RB No. 16 Tahun 2009, pasal 15) |
93 |
Kategori Nilai
Kinerja Guru |
AMAT BAIK |
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar